Asosiasi Pengusaha Dekorasi Indonesia (ASPEDI) DPW Jawa Barat

Seiring pesatnya perkembangan dalam bidang penyedia perlengkapan pernikahan khususnya di bidang jasa dekorasi pelaminan dan venue, maka semakin tinggi tantangan yang dihadapi oleh pengusaha jasa dekorasi karena itu dirasa penting untuk membentuk aktivitas kolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas pengusaha jasa dekorasi demi meningkatkan pelayanan bagi pengguna jasa.
 
Pada 9 September 2014 di bentuklah Asosiasi Pengusaha Dekorasi Indonesia (ASPEDI)  sebagai sebuha wadah yang menaungi pengusaha jasa dekorasi. Sebuah organisasi yang menjembatani pengusaha jasa dekorasi di Indonesia, sarana penyebarluasan informasi dan penghubung dengan vendor penyedia perlengkapan pernikahan lainnya.
 
Guna menjaring anggota yang lebih banyak dan membangun jaringan yang lebih luas, maka dibentuk perwakilan pengurus ASPEDI di daerah salah satunya adalah Asosiasi Pengusaha Dekorasi Indonesia (ASPEDI) DPW Jawa Barat.
 
Berlatar belakang banyaknya masyarakat yang menginginkan dekorasi mewah pada pesta pernikahan tetapi dengan harga yang murah, beberapa para pengusaha dekorasi di Bogor berpikir  menyelesaikan permasalahan tersebut dimana ingin membuat perubahan dan kesejahteraan untuk para pengusaha dekorasi dengan menaikan harga pasaran dekorasi di daerah seperti di Bogor.
 
“Pada prinsipnya kita ingin bekerjasama, kita berorganisasi memikirkan dunia dan akhirat. Bersatu dan mendapatkan pahala, kita bersatu dalam kreasi dan bersaing dengan sehat. Alhamdulillah kita bisa bekerjasama dengan baik,” tutur Ketua ASPEDI DPW Jawa Barat Iyat Suciati Lubis.
 
Dari awal para pengusaha dekorasi sudah memiliki wacana tersebut tetapi belum berani membuat sebuah asosiasi, kebetulan ASPEDI Pusat menawarkan untuk bergabung dan dengan senang hati & penuh semangat para pengusaha dekorasi tersebut bergabung dan pada 18 Februari 2016 membentuk Asosiasi Pengusaha Dekorasi Indonesia (ASPEDI) DPW Jawa Barat yang bersekertarian di Susie Flowers yang berlokasi di Jalan Sukasari Bogor.
 
ASPEDI DPW Jawa Barat merupakan ikatan profesi seminat yang mengkaji masalah  bidang dekorasi. ASPEDI DPW Jawa Barat memiliki slogan “ASPEDI Bersaudara”, tujuan dari dibentuknya adalah karena ingin mempererat tali persaudaraan antara para pengusaha dekorasi, merangkul para pengusaha dekorasi yang masih baru untuk tampil berani, bersatu dengan hati dan bersaing secara sehat.
 
Saat ini anggota dari ASPEDI DPW Jawa Barat sudah mencapai 40 vendor dekorasi. Kepengurusan di adakan setiap tiga tahun sekali dan menerapkan sistem demokrasi. Untuk menjadi anggota mudah yaitu anggota bisa diajak untuk bekerjasama, baik, jujur dan memiliki gudang peralatan dekorasi.
 
Meskipun pada awal mengumpulkan anggota tidak mudah tetapi karena kerja keras dan profesional, mereka mampu membuktikan bahwa dengan mengiktui  ASPEDI DPW Jawa Barat banyak mendapatkan keuntungan sehingga banyak yang bergabung.
 
Pertemuan satu bulan sekali jika ada kegiatan atau acara, pertemuan diadakan satu minggu sekali tepatnya pada hari rabu. Sesama anggota aktif berkomunikasi dan setiap weekend rajin mengupload gambar berbagai macam kreasi dekorasi dari para anggota.
 
“Kita sering sharing dan mengupload hasil karya di media sosial, kita saling memberi masukan, motivasi dan kritik membangun,” tuturnya.
 
Setiap bulannya ada uang khas dan dana sosial, untuk uang kas setiap bulannya dipungut sebesar Rp25.000 untuk satu vendor, dan untuk dan asosial seikhlasnya. Untuk uang kas jarang dipergunakan paling hanya untuk membeli Alat Tulis Kantor (ATK). Untuk dana sosial dipergunakan jika ada anggota yang sakit atau ada kegiatan sosial.
 
Visi dan misi dari ASPEDI DPW Jawa Barat tetap mengacu pada ASPEDI Pusat yaitu menjadikan jati diri sebagai organisasi profesi bidang dekorasi yang mandiri, kreatif, inovatif, terkemuka, mutakhit serta berorientasi nasional dan internasional dan menyelenggarakan aktivitas organisasi bidang dekorasi seperti pelatihan dan penyelenggaraan berbagai event.
 
Berdayakan Anggota yang Memiliki Skill 
 
Aspedi DPW Jawa Barat memiliki program kerja yang tetap mengacu pada Aspedi Pusat. Seperti memantapkan kelengkapan administrasi organisasi, termasuk lambang organisasi serta pengembangan organisasi kepengurusan, baik di tingkat pusat maupun pengurus wilayah, menyosialisasikan keberadaan organisasi di setiap provinsi dan menambah keanggotaan yang dilakukan aktif serta memperbaiki aturan-aturan dasar organisasi profesi.
 
Terdapat program kerja organisasi di akhir masa bakti, yaitu mengembangkan tiap komisariat wilayah dengan perangkat administrasi yang dibutuhkan untuk dapat mendukung kinerja pengurus wilayah dan mempersiapkan musyawarah nasional untuk membentuk kepengurusan baru.
 
Program Aspedi DPW Jawa Barat yang sudah berjalan, seperti memberikan perlengkapan alat salat ke setiap venue, yang sudah sering digunakan anggota dalam membuat acara. Lalu memberikan pelatihan mengukir stereofom di rumah tahanan, khitanan massal, santunan kepada janda dan anak yatim. Program kerja humas, menjaring anggota baru tanpa melihat status dekorasinya besar ataupun kecil. “Kita ingin dekorator baru bermunculan agar mereka bisa berkarya dan berkreativitas. Intinya jangan sampai ada klien yang merasa tertipu oleh dekorator yang masih baru,” jelas Sekertaris Aspedi SPEDI Jawa Barat Heidy Livta.
 
Program kerja promosi dan pameran memperkenalkan Aspedi Jawa Barat melalui kegiatan Bogor Hajatan 2017. Tentunya dengan sosialisasi di media sosial.
 
Program kerja pengembangan dan pelatihan, seperti mengukir stereofom, merangkai bunga, cara merangkai hand bouquet dan pelatihan membentuk balon bunga. “Kita sering memberdayakan anggota yang memiliki keahlian, kita sharing ilmu dengan sesama anggota,” tuturnya.
 
Kesulitan dalam mendekorasi jika terdapat tanggal cantik dan memasuki bulan haji, permintaan bunga banyak dan produksinya sedikit, sehingga sering kesulitan mendapatkan bunga. “Solusinya, dari awal sudah sharing dengan pengguna jasa dekorasi mengenai tanggal dan perlengkapan dekorasi untuk mendapatkan kesepakatan bersama,” tukasnya. (cr6/c)
 
sumber: https://www.radarbogor.id/2017/12/07/asosiasi-pengusaha-dekorasi-indonesia-aspedi-dpw-jawa-barat/
Butuh Bantuan?